Friday 27 March 2015

Mengubah Cara Berfikir dengan Menulis

Posted by Riky Perdana

Mengubah Cara Berfikir dengan Menulis
My Life Journey -- Mengubah Cara Berfikir, merupakan salah satu poin penting yang saya ambil setelah saya membaca buku The Miracle of Wiriting, karya M. Iqbal Damawi dari penerbit Leutika.

Di dalam buku tersebut disebutkan bahwa terapi dengan menulis untuk mencurahkan rasa ketakutan mendalam tentang penyakit, ternyata bagus bagi penderita kanker. Dari sebuah studi di Amerika serikat menemukan cara menulis ekspresif ini dapat memperbaiki kualitas hidup mereka.

Menurut Jurnal Oncologis, separuh pasien yang menerapkan cara terapi ini dapat mengubah cara berfikir mereka tentang penyakit yang dideritanya. Bahkan, cara ini baik untuk penderita yang masih muda dan baru didiagnosa mengidap kanker.

Nancy Morgan, seorang penulis klinis, mengembangkan cara ini sebagai program kesenian dan kemanusiaan di Lombardi Center. Terapi ini setidaknya memerlukan waktu 20 menit, dengan memberikan pertanyaan kepada pasien, contohnya penderita leukimia dan limforma. Mereka ditanyai bagaimana kanker mengubah mereka dan bagaimana perasaan mereka dengan perubahan itu.


Usai menerapkan langkah ini, beberapa minggu kemudian pasien ini dihubungi kembali. hasilnya 49 % pasien menyebutkan bahwa dengan menulis telah mengubah cara berfikir mereka tentang sakit yang dideritanya. Sedangkan, 38 % mengatakan bahwa perasaan mereka juga ikut berubah.

Meskipun demikian, belum ada bukti langsung tentang dampak dari sesi terapi ini untuk penyakit mereka. Pasien hanya melaporkan perubahan yang hebat selama mereka menulis. Ini dapat dihubungkan dengan laporan kualitas kehidupan yang diberikan untuk dokter mereka.

"Pikiran dan perasaan atau proses kognitif dan emosi berhubungan dengan kanker. Inilah kunci yang berhubungan dengan kesehatan, menurut studi ini. Menulis hanya mengenai fakta dan menunjukkan manfaatnya, " ujar Morgan seperti yang dikutip dari BBC.  

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentarnya, mohon jangan tinggalkan link aktif dan spam ya.
Terima kasih.