Friday 27 March 2015

3 Kejahatan Intelektual Kalangan Mahasiswa

Posted by Riky Perdana

    3 Kejahatan Intelektual Kalangan Mahasiswa
    My Life Journey -- Pada buku yang berjudul "Menembus Koran (Cara Jitu Menulis Artikel Layak Jual)," karangan Bramma Aji Putra terbitan Leutika di dalam Bab I buku tersebut tertulis 3 Kejahatan Intelektual Mahasiswa yang tidak boleh terjadi. Kejahatan Intelektual tersebut adalah :

1. Tidak Suka Membaca 
    Membaca merupakan kunci membuka segala tabir rahasia semesta. Jika ingin banyak tahu, maka membaca adalah solusinya, bukankah Allah Swt. menurunkan ayat Alquran pertama kalinya dengan perintah "membaca" (QS.Al-Alaq(96):1). Mahasiswa sebagai agen perubahan sosial, jika tidak gemar membaca maka tidak akan mengetahui persoalan-persoalan yang terjadi disekitarnya. Sarana telah tersedia, tinggal kemauan yang diperkuat.

2. Tidak Senang Berdiskusi
    Berdiskusi juga termasuk sarana memperkaya khazanah ilmu kita. Pemikiran orang pun tidak ada yang sama, untuk itulah dengan berdiskusi segala pemikiran yang ada akan dapat disatukan dan menjadi sebuah solusi atas sebuah permasalahan. Dengan aktif berdiskusi otak kita akan senantiasa berfikir dan berkembang, sehingga semangat hidup akan terasa sebab kita memberikan sebuah kontribusi di dalamnya. Manfaatkan kegiatan di perkuliahan, organisasi kampus (intra dan ekstra),kegiatan seminar, atau pun di dunia maya (antar blog, forum, chatting, dsb).
    3. Tidak Hobi Menulis
    Sahabat Nabi Saydina Ali bin Abi Thallib menyatakan " Ikatlah Ilmu itu dengan Menulis ". Menulis merupakan sarana aktulisasi diri. Dengan menulis kita pun bisa mematenkan di otak kita ilmu yang telah kita dapatkan. Mahasiswa yang tidak hobi menulis akan di cap sebagai orang yang sombong karena tidak bersedia membagi ilmu yang telah dia dapatkan. Masih lemahkah motivasi anda menulis?
    Jika motivasi menulis anda masih lemah, sekarang saatnya untuk ditingkatkan. Menulis bisa menghasilkan, tidak hanya untuk di terbitkan di koran atau sebuah buku. 


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentarnya, mohon jangan tinggalkan link aktif dan spam ya.
Terima kasih.