Saturday 2 May 2015

Kelebihan SAP Express Dari Pesaingnya

Posted by Riky Perdana

Kelebihan SAP Express Dari Pesaingnya

My Journey -- Ada yang saya lupa ketika membicarakan tentang SAP Express dalam blog ini. Saya bukan karyawan SAP Express. Memiliki teman yang bekerja di sana, memang ada. Sebetulnya saya tuliskan tentang SAP Express agar bisa lebih menjangkau informasi ini kepada masyarakat lebih banyak lagi. Jika untuk kontes SEO, enggak juga. Toh kalau ada pun kesempatan, akan saya ikuti.

Pada tulisan sebelumnya tentang Siapa Pasar untuk Konter Retail SAP Express, telah saya tuliskan. Sekarang, saya akan ceritakan kelebihan SAP Express yang saya ketahui. Jika terkurang atau terlebih pun saya tidak sengaja, karena itulah keterbatasan saya dan saya mohon maaf. 

Kelebihan SAP akan saya paparkan menjadi untuk Konsumen, Konter Retail dan Pegawainya Sendiri.

Konsumen

Sistem di SAP Express sangat bagus. Ketika konsumen datang ke konter retail yang ada jaringan online. Penginputan barang konsumen langsung dilakukan. EWB langsung di cetak dari sistem. Ketika konsumen keluar dari konter dan sampai di rumah mencek tracking barang, langsung ada di sistem.

Proses perjalanan barang pun akan lebih lengkap. Misal, barang baru diinput, barang outgoing, barang diterima di Jakarta, barang diantar ke Jakarta selatan oleh kurir ini, barang telah diterima oleh siti misalnya terlihat dengan jelas dan lengkap. Ayo tebak kuis, dari mana dan alamat tujuan barang? hehehe.

Ketika rumah siti kosong pada hari kurir sampai di depan rumah, rumah akan difoto. Barang akan dibawa kembali dan diantar pada keesokan harinya. Kebetulan Siti sedang di cafe saat itu dan siti minta kurir mengantarkan barangnya kesana. Maka, maaf kurir tidak bisa. Kurir hanya mengantarkan barang ke alamat yang dituju, begitulah prosedurnya. Foto rumah kosong bisa terlihat disistem, canggih bukan?

Konter Retail

Meskipun barang dikirim oleh SAP Express langsung, komplenan bisa saja terjadi di konter retail. Konter retail pada sejatinya juga menjadi perpanjangan tangan perusahaan untuk menawarkan jasanya kepada konsumen alias marketing. Nah, dengan sistem ini, komplenan mungkin terjadi satu atau dua, bahkan bisa tidak ada sama sekali. Komplenan biasanya, barang kok belum sampai. Padahal, barang sudah sampai dan diterima oleh anak penerima barang yang tidak melaporkan pada Ibunya. Bisa juga rumah kosong. Komplenan bisa diminimalisir dengan sistem yang SAP kembangkan saat ini.

Bisa input di lain tempat juga menjadi andalan bagi SAP Express. Misalkan Budi, konter retailnya di jalan A, kemudian saat budi jalan-jalan ke tempat sahabatnya di jalan B, kemudian Andi temannya Budi pengen kirim barang. Kalau diinput di konter kejauhan lagi. Budi tinggal buka internet di tempat Andi, kemudian input data dan cetak resi serta lakukan pembayaran. Nanti Budi bisa antar barangnya langsung ke Kantor Cabang SAP setempat atau bawa ke konternya lagi, atau pun janjian jemput barangnya oleh kurir dimana, jika kurir saat itu kebutulan sedang lewat sana ya..hehe..pandai-pandai konter dengan kurirnya saja lagi.

Pegawai SAP

Setelah barang dijemput dimasing-masing konter, nanti barang akan diinput secara global oleh petugas di cabang SAP. Bagi barang yang belum diinput atau pakai resi manual, maka petugas cabang lah yang akan input di sistem, agar barang bisa dikirim hari itu juga. Dengan adanya sistem di konter, maka itu akan memudahkan petugas cabang, sehingga petugas cabang tinggal membuat data manifes barang saja lagi. 

Tracking barang pun, tidak perlu hubungi pegawai cabang atau call center segala, kan bisa dicek pada web SAP-Express.com. Kurir dan pegawai pun tidak bisa main-main, mereka tugas harus lebih cepat dan efisien, karena konsumen dan konter bisa cek barang posisinya sekarang sedang dimana. Jangankan itu posisi kurir pun bisa dilacak. Gak bisa main-main kan ya?

Sebenarnya mereka juga rugi kalau main-main. Karena bonus tahunan pegawai SAP Express ditentukan dari keuntungan perusahaan. Jika suatu cabang untung 1 miliar, maka pegawai disana bisa dapat 30 % dari keuntungan tersebut. Tentunya mereka sangat menjaga nama baik perusahaan dan menjalankan pekerjaan dengan lebih baik.

Nah, dengan begitu kepercayaan masyarakat akan meningkat dengan perusahaan. Janji waktu pengiriman barang bisa ditepati, barang aman dan terjaga hingga ke tangan penerima yang dituju.

18 comments:

  1. Saya cek nomer ewb tapi kok munculnya gk seperti yg disebutkan diatas ya!

    ReplyDelete
  2. biasanya kalau barang sudah sampai di tujuan akan lebih lengkap tercatat.kemungkinan paket/dok bpk/ibu baru diimput ketika menyerahkan ke petugas SAP, maka akan tertulis 1 lajur saja..per setiap proses nanti akan muncul keterangan di sistem tracking...

    ReplyDelete
  3. Sama sekali ngga rekomend. Sudah 3minggu brg saya ngga nyampe2. Biasanya kalo pake ekspedisi lain plg lama saja hnya 5hr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp gak apa..masing-masing orang memiliki pengalaman yang berbeda...

      Delete
  4. Sama sekali ngga rekomend. Barang saya 3mgu belum sampe juga. Beda dgn ekspedisi lain paling lama saja hnya 5hr. Kapok

    ReplyDelete
  5. Alamat saya kurang lengkap.gmn ya?

    ReplyDelete
  6. Alamat saya kurang lengkap.gmn ya?

    ReplyDelete
  7. saya pakai SAP baik baik aja tuh, malah tarifnya lebih murah. Kalo JNE 15.000,-/kg sedangkan SAP hanya 10.000,-/kg...

    ReplyDelete
  8. Kalau alamat agen SAP didaerah Rangkasbitung dimana ya pak?syukron

    ReplyDelete
  9. Saya pikir semua EkSpedisi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak mungkin lancar terus. Karena jasa ini tidak bisa dibuat seperti matematika 1 tambah 1 pasti 2. he he he

    ReplyDelete
  10. Pak kalo untuk menjadi agen SAP di balikpapan msh bisa ya?kalo bisa tolong dibantu persyaratannya di email ke eddo.trade@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Mau tanya gaji kurir di Pt.SAP itu masuk UmR atau giih mana yah.

    ReplyDelete
  12. Mau tanya gaji kurir di Pt.SAP itu masuk UmR atau giih mana yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. info dari teman, diatas UMR pak...diatas UMR ini gaji pokok, blm termasuk bonus ini dan itunya...

      info lebih lengkap silahkan langsung datang ke kantor sap ter dekat pak...

      Delete
    2. saya kemarin abis dapet offering di SAP bagian kantornya namun gaji di Bawah UMR kota saya yaitu sangat kecil sekali untuk perusahaan yang sudah Tbk

      Delete
  13. Maaf mau numpang tanya,saya habis cek paketan soalnya belum nyampe2. Dan setelah saya cek ternyata paketannya nyasar,trus ini gimana ya?? Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  14. Kalau rumah kosong, barangnya diantar lagi kapan ya???

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentarnya, mohon jangan tinggalkan link aktif dan spam ya.
Terima kasih.