Friday 20 March 2015

Belajar Utak Atik Template

Posted by Riky Perdana


My journey -- Butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengutak atik template blog ini. Alhamdulillah, banyak ilmu mengenai template blog yang saya ketahui. Semuanya dipelajari secara otodidak. Semuanya bisa kita lakukan asalkan kita mau.
Belajar Utak Atik Template

Ada satu petikan dari Tony Gordon, " Pekerjaan kita sendiri tidaklah sukar. Yang sulit adalah membuat diri kita untuk melakukan pekerjaan tersebut. 

Mulai sekarang, hobi menulis akan saya salurkan melalui blog-blog yang saya punyai. Setiap pelajaran yang saya dapatkan akan saya tulis khusus di blog ini. 

Nah, bagaimana caranya saya belajar otodidak untuk utak atik template blog, walau tidak ada ilmu mengenai html?

Setelah diputuskan template apa yang dipakai, selanjutnya download dan simpan. Buka blogger dan upload template tadi. Namun, sebelumnya menu yang terdapat pada template lama, sebaiknya dihilangkan dahulu, agar lebih mudah pengaturan selanjutnya. Jika sudah diupload template yang baru, maka saatnya melakukan edit terhadap tampilan blog.

Link dimana saya mengambil template blog, saya buka penuh bagian demo tampilan. View Page Source tampilan tersebut saya buka, guna membandingkan editan yang saya lakukan dengan yang asli. Banyak hal yang belum saya ketahui tentang HTML, sehingga ini menjadi acuan, jika saya tidak sengaja menghapus bagian yang penting atau gagal dalam setting-an.

Bagian yang tidak penting ditemplate asli, saya buang. Penambahan dan pengurangan saya lakukan sesuai apa yang  diinginkan. Lihat web atau blog orang lain juga dapat menambah inspirasi fitur-fitur dalam blog saya. Satu hal yang terpenting, jangan sampai hasil editan membuat loading blog sangat lambat.

Lumayan lah hasilnya yang ini, untuk seorang newbie..


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentarnya, mohon jangan tinggalkan link aktif dan spam ya.
Terima kasih.