Saturday, 22 February 2014

Jaminan Sukses sebagai Sales

Posted by Riky Rizal



Sales! merupakan pekerjaan yang di pandang enteng semua orang. Jujur saya juga awalnya mengambil profesi sebagai sales, karena memang ini lah pekerjaan yang ada waktu itu. Namun, seiring perjalanan waktu, saya menikmatinya, sesuai dengan passion saya. Hidup seakan selalu bergairah, apalagi bisa satu closing, walau lebih banyak penolakan terjadi.  

Profesi salesman merupakan fungsi yang terpenting dari setiap organisasi bisnis, tidak ada usaha apa pun yang bertahan jika tidak melakukan penjualan. Walau pun ada juga yang memperlakukan sales-nya secara tidak professional, namun suatu perusahaan yang memperlakukan salesnya dengan baik, maka perusahaan itu akan selalu tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat.

Menjadi seorang salesman memang tidak lah gampang, namun ini jelas sangat penting. Pekerjaan salesman bisa dipelajari dan dilatih, itu pun jika orangnya punya minat dan kesukaan.

Joe Kamdani pendiri PT. Datascrip – Business Solutions dalam pengantar buku setiap orang sales harus punya sales script ini ! menuliskan salesman yang professional membantu orang memilih dan mengambil keputusan untuk membeli barang yang dia butuhkan. Bukan menjebloskan orang membeli batang yang tidak dia perlukan.

Lanjut Joe, sebelum menjual barang yang kita bawa, kita pertama kali harus menjual diri kita dahulu (sikap, penampilan, kerapian, senyum). Sebab kalau orang tidak suka pada diri/penampilan kita, sulit untuk kita menjual. Kita harus menjadi seorang teman yang dicari bila diperlukan. Semakin banyak teman kita, semakin mudah pekerjaan kita. Semakin banyak orang yang kita kecewakan, semakin sulit pekerjaan kita.

Namun, apakah ada jaminan setiap sales bisa sukses? Ada. 

Dedi budiman dalam buku yang sama menuliskan, menjual adalah permainan angka. Semakin banyak orang yang anda temui, yang anda ajak bicara, dan yang menolak, semakin besar juga peluang anda untuk mendapatkan pembelian. Itulah realitas penjualan. Salesperson yang tidak memahami kenyataan yang sederhana ini akan terperangkap dalam kekecewaan, kesedihan, dan keputusasaan. Sebaliknya, salesperson yang mengerti kenyataan ini dan terus melihat prospek satu demi satu, yang kembali bangkit setelah setiap penolakan, yang memenuhi angka, yang konsisten, disiplin, dan selalu gigih berusaha, akan muncul sebagai the Winner.


Source : Setiap Orang sales harus punya Sales Script ini ! Dedy Budiman dan James Gwee

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentarnya, mohon jangan tinggalkan link aktif dan spam ya.
Terima kasih.