Sunday, 22 November 2015

Gramedia Padang Gunakan Jasa SAP Express

Posted by Riky Rizal

SAP Express baru buka kantor di kota Padang bulan Januari 2015 ini. Kegiatan mencari mitra untuk konter retail dimulai pertengahan Maret 2015, sejak saat itu sampai april 2015 pertumbuhan konter retail di Padang terbilang cepat. Meskipun mulai Juni hingga November 2015 ini, kegiatan sales berfokus pada mitra korporat, satu per satu konter retail SAP Express terus bertambah. 

SAP Express secara nasional baru berumur satu tahun. Meskipun terbilang baru project online semacam Cash On Delivery sudah dipercayakan pada SAP Express. Usia yang masih belia, bukan menjadi alasan untuk pengiriman yang tidak sesuai SLA. SAP Express berkomitmen untuk terus berbenah dan mencari formula pengembangan yang tepat, serta melebarkan sayap ke seluruh daerah di Indonesia, bahkan mancanegara.

Alhamdulillah, seiring dengan bertambahnya waktu bertambah pula klien dari SAP Express terkhusus cabang Padang. Meski satu dua ada juga yang tidak menggunakan lagi jasa kami, setelah ditelisik sebenarnya hanya masalah komunikasi saja dengan pegawai klien yang baru di tugaskan di bagian pengiriman, setelah dilakukan review pengirimannya tidak ada yang telat, namun prosedur pelaporan saja yang seharusnya kita lampirkan, maklum semuanya pegawai SAP Express banyak belum mengetahui sistem SAP Express keseluruhan. 

Kini, Sembilan bulan berlalu sejak kegiatan sales SAP Express Padang dimulai. Seluruh sistem terkuasai dengan baik, sistem informasi SAP Express diluar dugaan ternyata sangat canggih, sangat membantu baik disisi SDM sendiri maupun mitra dan customer. Dari yang pernah berhenti menggunakan jasa kami, sekarang kembali lagi dengan sendirinya, 80 persen lebih pengirimannya kembali menggunakan jasa kami. 

Beberapa mitra yang rutin melakukan pengiriman, sangat terbantu dengan sistem SAP Express tawarkan. Sebut saja perusahaan leasing seperti Adira, FIF, Spektra, Clipan Finance, BII Finance, MPM Finance, Trihamas Finance, dan Indosurya Finance. Pegadaian dan BPJS Kesehatan turut pula merasakan kemudahan dalam pemantauan pengiriman paket dan dokumennya yang mencapai ribuan per bulannya. 

Seperti FIF, pick up dilakukan beberapa kali dalam seminggu, sekali pick up puluhan hingga ratusan dokumen di serahkan ke SAP Express. Memang kebanyakan kiriman City Courier atau dalam kota. Namun, SAP Express memberikan pelayanan dengan tingkat return yang rendah, serta laporan closing lengkap yang biasanya paling lambat seminggu setelah pick up kita serahkan, sehingga memudahkan pemantauan bagi pihak ADM FIF sendiri. 

Melihat sistem dan cara kerja yang kami tawarkan, Alhamdulillah Gramedia cabang Padang sudah mencantumkan namanya di dalam data base klien SAP Express. Meskipun tahap awal SAP Express digandeng dengan PCP dan Indah Cargo, ini saja Alhamdulillah. Sebuah kepercayaan yang mahal, yang harus SAP Express jaga. 

Pick up yang kesekian kalinya, SAP Express mendapatkan jatah pengiriman buku return ke seluruh penerbit. Ini berjumlah puluhan koli, meskipun jumlah koli dan ukurannya kecil dibandingkan dengan jatah Indah Cargo, nilai transaksi yang SAP Express dapatkan lebih besar secara hitungan di atas kertas. Alhamdulillah paket terkirim semua, hanya 1 yang tidak tercantum di dalam sistem, dengan tertera alamat yang dituju sudah pindah. Dengan sistem ini pihak Gramedia bisa melihat langsung status pengiriman, walaupun baru kemaren sore dilakukan pick up.

Kondisi yang demikian tidak akan merugikan pihak gramedia, karena SAP Express cabang tujuan pengiriman akan melakukan hold atas paket tersebut hingga alamat baru diketemukan. Sehingga pihak gramedia tidak terkena biaya pengiriman lagi. Ketika alamat baru tujuan paket diketemukan, pihak SAP Express akan mengantarkan paket tersebut tanpa biaya tambahan. Proses lebih transparan dan menguntungkan kedua belah pihak.

Ditengah keterbatasan Armada dan SDM, SAP Express terus berupaya melakukan pengiriman paket dan dokumen tepat waktu. Ya, meskipun ada beberapa yang meleset dari jadwal seharusnya, namun itu menjadi pembelajaran bagi SAP Express untuk mencari formala yang tepat dalam pengantaran.  

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentarnya, mohon jangan tinggalkan link aktif dan spam ya.
Terima kasih.