Wednesday 24 April 2013

Pentingnya Sinkronisasi Semua Lini !!!

Posted by Riky Perdana

Pagi ini, setelah menerima telepon dari kantor wilayah, semangatku yang sedang membara, tiba-tiba menyusut seketika dan langsung bawaannya bad mood sampai siang harinya. Bagaimana tidak, sebuah sistem yang telah dibuat dan di sosilisasikan ke semua lini tidak diterapkan dengan konsisten, bahkan terksesan berubah ubah setiap saat.

Bagi saya seorang ujung tombak bagi perusahaan di Lapangan, terkesan menjadi pesakitan akibat ketidak konsisten-an yang di lakukan oleh orang-orang di kantor wilayah. Ketika sistem yang sudah saya terima sosialisasinya dan saya jalankan sesuai aturan yang berlaku, ternyata masih saja selalu salah. Lalu sebenarnya apa maunya?
Ini sebuah bentuk tidak adanya sinkronisasi dalam perusahaan ini. Seharusnya, apa yang sudah di buat, tinggal jalankan, jika ada aturan yang berubah, sosialisasikan lagi. Jika ini tidak dilakukan, maka akan berefek pada team yang berada di garda terdepan. Tidak hanya itu, mitra juga menganggap remeh profesionalisme SDM yang ada di perusahaan, walau perusahaan ini sudah dikenal ternama dan terbesar di Indonesia dalam industrinya.
Saya juga menyayangkan, ketidakpercayaan dan tidak mau terbuka atas informasi dari team di lapangan. Mereka sudah merasa lebih tahu, lebih pintar, lebih mengerti atau apa lah, tapi sebenarnya apa yang mereka katakan atau sistem yang mereka buat tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan pesaing. Di tambah lagi sinkronisasi tidak berjalan bagus.
Entah sampai kapan ini akan terjadi. Tapi yang jelas, suatu saat saya akan memajukan diri, untuk keluar dari perusahaan ini. Perusahaan yang tidak menghargai seorang ujung tombak, sudah diberikan saran, sudah diikuti sistemnya, sudah sering bertanya tapi tidak ada pemberitahuan yang lebih jelas, komunikasi yang kurang. Tapi tekanan semakin tinggi yang tidak berdasar. Sokongan yang kurang, baik moril dan materil. Saya bukannya berkeluh kesah, namun menitipkan pesan bahwa...sinkronisasi antar lini sangat penting, komunikasi yang intens dan kondusif, serta konsisten terhadap sistem yang di bangun menjadi sebuah hal yang sangat urgent bagi kemajuan perusahaan.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentarnya, mohon jangan tinggalkan link aktif dan spam ya.
Terima kasih.